KPU Jember Sambut Baik Kunjungan KPU Tulungagung

KPU Jember Sambut Baik Kunjungan KPU Tulungagung
IMG_0782

Ketua KPU Kabupaten Tulungagung memberikan Cinderamata kepada Ketua KPU Kabupaten Jember usai kunjungan.

JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember kedatangan tamu spesial pada Rabu (2/12) di Media Center KPU Jember. Tamu itu adalah KPU Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari kunjungan tersebut yakni sebagai Studi Pembelajaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

KPU Kabupaten Tuluangagung sendiri akan menggelar Pilkada serentak pada 2018 mendatang bersama beberapa Kabupaten / Kota yang lain se Indonesia. Oleh sebab itu, studi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui teknis pelaksanaan Pilkada dengan baik dan benar.

Ketua KPU Jember, Achmad Anis, SE, menyampaikan terima kasih atas kunjungan KPU Kabupaten Tulungagung. “Kami ucapkan selamat datang kepada kawan – kawan dari Tulungagung. Selanjutnya acara ini biarkan mengalir saja. Mari kita berdiskusi dengan santai,” kata Anis sembari tersenyum.

Dalam pemaparan tujuan kunjungan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Tulungagung, Suprihno, Spd, Mpd, menuturkan, pihaknya memilih Jember sebagai salah satu daerah tujuan kunjungan karena beberapa faktor.

“Terutama faktor anggaran. Jember memiliki anggaran terbesar dalam Pilkada serentak tahun 2015 ini. Kami ingin mengetahui bagaimana KPU Jember mengelola anggaran ini dengan baik. Sehingga bisa menjadi ilmu bagi kami untuk Pilkada 2018 nanti,” kata Suprihno.

Pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh Divisi Perencanaan Anggaran dan Logistik KPU Jember, Dwi Endah Prasetyowati, Spd, Mpd. Anggaran Pilkada Jember terbilang cukup besar karena beberapa hal. Salah satunya yakni kampanye pasangan calon (Paslon) yang pada pemilu sebelumnya dibiayai pribadi Paslon. “Pada Pilkada ini dibiayai oleh penyelenggara pemilu lewat Dana Hibah APBD Jember,” kata Endah.

“Total anggaran untuk Pilkada Jember ini Rp 71,6 miliar. Jumlah itu juga termasuk untuk fasilitas kampanye pasangan calon, seperti pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK), Bahan Kampanye (BK) dan Iklan Kampanye,” papar Endah.

Khusus untuk BK, lanjut Endah, pembuatannya disesuaikan dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) di Kabupaten Jember sekitar 815.000 KK. Baik APK ataupun BK dicetak sesuai dengan ketentuan yang ada yakni merujuk pada Peraturan KPU (PKPU) nomor 7 2015 tentang Kampanye.

IMG_0749

Suasana diskusi sekaligus studi pembelajaran KPU Kabupaten Tulungagung di Media Center KPU Jember.

Sebelum mengakhiri acara tersebut, Achmad Anis kembali menambahkan masukan dalam diskusi tersebut. Menurutnya, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkab Jember.

“Tercukupinya anggaran Pilkada ini tak lepas dari Polical Will dari Pemkab Jember. Kita beruntung diberikan keleluasaan untuk merancang anggaran Pilkada sesuai dengan kebutuhan Pilkada,” kata Anis.

IMG_0785

Komisioner KPU Kabupaten Jember dan Tuluanggung berfoto bersama Sekretariat KPU Jember.

Acara yang berlangsung sekitar satu jam itu pun berakhir sekitar pukul 18.45 WIB. Pada akhir acara, Ketua KPU Kabupaten Tulungagung memberikan Cinderamata kepada Ketua KPU Kabupaten Jember. Tak lupa, sebelum berpamitan seluruh komisioner beserta Kepala Sub Bagian Sekretariat KPU Jember berfoto sebagai kenang – kenangan. (awi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply