Jember (KPU) Sabtu, 25/01/2020. Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jember Tahun 2020. KPU Jember menggelar sosialisasi kepada generasi muda, Kecamatan Tanggul, Jember.

Sosialisasi kepada generasi muda selain untuk menekan angka golput, juga untuk meningkatkan sadar pemilu. Pemuda Kecamatan Tanggul tampak antusias, mengikuti sosialisasi KPU yang menggandeng Kelompok Pemuda Muhammadiyah Jember.

Dengan tema ” Pemilih Cerdas Jember Berkualitas Bersama Kaum Muda”, Komisioner Bidang Teknis, Achmad Susanto memberikan penjelasan tentang pentingnya memilih.

Selain itu Achmad Susanto juga menjelaskan bagaimana cara sinkronisasi antara Pemilih Pemula dan DPT. “Disebutkannya, sinkronisasi data pemilih dilakukan dengan cara menambahkan Pemilih pemula dari DP4 hasil analisis ditambah DPT Pemilu/Pemilihan terakhir. Hasil analisis DP4 dan hasil sinkronisasi DP4 inilah yang disampaikan oleh KPU RI kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sebagai bahan pemutakhiran,” tambahnya.

DP4 adalah data potensial Pemilih, yang pada hari pemungutan suara genap berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah/pernah kawin secara terinci untuk setiap Desa atau Kelurahan. DP4 memuat Nomor urut, NIK, NKK, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, usia, status perkawinan, alamat jalan/dukuh, RT, RW, dan jenis disabilitas.

Selanjutnya PPDP yang melakukan pengecekan ulang untuk menjadi DP4 sehingga menjadi DPT, PPDP adalah tim pemuktahiran data. (Tekmas/Vebri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here