TUGAS, FUNGSI DAN WEWENANG

TUGAS DAN FUNGSI

ANGGOTA KOMISIONER KPU JEMBER

(Dasar Hukum Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2019)

  1. Ketua (Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik)
  2. memimpin Rapat Pleno dan seluruh kegiatan KPU Kabupaten/Kota;
  3. bertindak untuk dan atas nama KPU Kabupaten/Kota ke luar dan ke dalam;
  4. memberikan keterangan resmi tentang kebijakan dan kegiatan KPU Kabupaten/Kota;
  5. mengoordinasikan hubungan kerja antar Divisi;
  6. mengendalikan pelaksanaan tugas-tugas Divisi dan Korwil;
  7. menandatangani seluruh Keputusan KPU Kabupaten/Kota.
  8. mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi terkait dengan kebijakan
    1. dministrasi perkantoran, rumah tangga, dan kearsipan;
    2. protokol dan persidangan;
    3. pengelolaan dan pelaporan Barang Milik Negara;
    4. pelaksanaan, pertangungjawaban, dan pelaporan keuangan;
    5. pengusulan peresmian keanggotaan dan pelaksanaan sumpah/janji DPRD Kabupaten/Kota;
    6. perencanaan, pengadaan barang dan jasa, serta distribusi logistik Pemilu dan Pemilihan.
  9. Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia

mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi terkait dengan kebijakan:

  1. sosialisasi kepemiluan;
  2. partisipasi masyarakat dan pendidikan pemilih;
  3. publikasi dan kehumasan;
  4. kampanye Pemilu dan Pemilihan;
  5. kerja sama antar lembaga;
  6. pengelolaan dan penyediaan informasi publik;
  7. rekrutmen anggota PPK, PPS, dan KPPS;
  8. pembinaan etika dan evaluasi kinerja sumber daya manusia;
  9. pengembangan budaya kerja dan disiplin organisasi;
  10. pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan sumber daya manusia;
  11. penelitian dan pengembangan kepemiluan;
  12. pengelolaan dan pembinaan sumber daya manusia.
  1. Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi

mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi terkait dengan kebijakan:

  1. menjabarkan program dan anggaran;
  2. evaluasi, penelitian, dan pengkajian kepemiluan;
  3. monitoring, evaluasi, dan pengendalian program dan anggaran;
  4. pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih;
  5. sistem informasi yang berkaitan dengan tahapan Pemilu;
  6. pengelolaan aplikasi dan jaringan teknologi dan informasi;
  7. pengelolaan dan penyajian data hasil Pemilu nasional
  8. Divisi Teknis Penyelenggaraan

mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi terkait dengan kebijakan:

  1. pengusulan daerah pemilihan dan alokasi kursi;
  2. verifikasi partai politik dan anggota DPD;
  3. pencalonan Peserta Pemilu dan Pemilihan;
  4. pemungutan, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara;
  5. penetapan hasil dan pendokumentasian hasil Pemilu dan Pemilihan;
  6. pelaporan dana kampanye;
  7. penggantian antar waktu anggota DPRD Kabupaten/Kota.
  8. Divisi Hukum dan Pengawasan

mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, memantau, supervisi, dan evaluasi terkait dengan kebijakan:

  1. penyusunan rancangan Keputusan KPU Kabupaten/Kota;
  2. telaah hukum dan advokasi hukum;
  3. dokumentasi dan publikasi hukum;
  4. pengawasan dan pengendalian internal;
  5. penyelesaian sengketa proses tahapan, hasil Pemilu dan Pemilihan, serta non tahapan Pemilu dan Pemilihan;
  6. penanganan pelanggaran administrasi, Kode Etik, dan Kode Perilaku yang dilakukan oleh PPK, PPS dan KPPS.

 

TUGAS, FUNGSI, WEWENANG DAN KEAJIBAN

SEKRETARIAT KPU JEMBER

(Dasar Hukum Peraturan KPU Nomor. 05 Tahun 2008)

 

TUGAS

  1. membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu;
  2. memberikan dukungan teknis administratif;
  3. membantu pelaksanaan tugas KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu;
  4. membantu pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi;
  5. membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kabupaten/Kota;
  6. memfasilitasi penyelesaian masalah dan sengketa Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota;
  7. membantu penyusunan laporan penyelenggaraan kegiatan dan pertanggungjawaban KPU Kabupaten/Kota;
  8. membantu pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

FUNGSI

  1. membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu di Kabupaten/Kota;
  2. memberikan pelayanan teknis pelaksanaan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  3. memberikan pelayanan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, anggaran, dan perlengkapan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  4. membantu perumusan dan penyusunan rancangan keputusan KPU Kabupaten/Kota;
  5. membantu perumusan, penyusunan dan memberikan bantuan hukum serta memfasilitasi penyelesaian sengketa Pemilu di Kabupaten/Kota;
  6. membantu pelayanan pemberian informasi Pemilu, partisipasi dan hubungan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten/Kota;
  7. membantu pengelolaan data dan informasi Pemilu di Kabupaten/Kota;
  8. membantu pengelolaan logistik dan distribusi barang/jasa keperluan Pemilu di Kabupaten/ Kota;
  9. membantu penyusunan kerjasama antar lembaga di Kabupaten/Kota;
  10. membantu penyusunan laporan penyelenggaraan Pemilu dan pertanggungjawaban KPU Kabupaten/Kota.

 

WEWENANG

  1. mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kebutuhan yang ditetapkan oleh KPU;
  2. mengadakan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud pada huruf a sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  3. mengangkat pejabat fungsional dan tenaga profesional berdasarkan kebutuhan atas persetujuan KPU Kabupaten/Kota;
  4. memberikan layanan administrasi, ketatausahaan, dan kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

KEWAJIBAN

  1. menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan;
  2. memelihara arsip dan dokumen Pemilu;
  3. mengelola barang inventaris KPU Kabupaten/Kota.

 

TUGAS SUB BAGIAN KESEKRETARIATAN

(Dasar Hukum Peraturan KPU Nomor. 04 Tahun 2010)

 

  1. SUBBAGIAN PROGRAM DAN DATA
  2. mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan rencana anggaran Pemilu;
  3. menyusun dan mengelola perencanaan anggaran Pemilu;
  4. mengelola, menyusun data pemilih;
  5. mengumpulkan dan menyiapkan bahan penyusunan kerjasama dengan lembagapemerintahan lain yang terkait;
  6. mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan kerjasama dengan lembaga nonpemerintahan;
  7. melakukan survey untuk mendapatkan bahan kebutuhan Pemilu;
  8. mengumpulkan dan mengolah bahan kebutuhan pemilu;
  9. mengumpulkan dan mengolah bahan hasil monitoring penyelenggara Pemilu;
  10. mengumpulkan dan mengolah bahan hasil supervisi penyelenggara Pemilu;
  11. menyusun dan mengelola laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program dan Data;
  12. memberikan dan mengelola bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  13. melaporkan hasil penyusunan dan pengelolaan pelaksanaan tugas kepada SekretarisKPU Kabupaten/Kota;
  14. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  15. menyusun dan merencanakan kebutuhan anggaran proses rekrutmen Anggota KPUKabupaten/ Kota;
  16. menyusun dan merencanakan anggaran proses Penggantian Antar Waktu AnggotaKPU;
  17. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan

 

  1. SUBBAGIAN HUKUM
  2. mengumpulkan dan mengelola bahan untuk materi penyuluhan peraturan perundangundangan tentang Pemilu;
  3. mengumpulkan dan mengelola bahan untuk advokasi dan konsultasi hukumpenyelenggara Pemilu;
  4. menyusun dan mengolah bahan-bahan yang sudah dikumpulkan untuk advokasi dankonsultasi hukum penyelenggara hukum;
  5. mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan untuk pembelaan dalam sengketa hukumpenyelenggar Pemilu;
  6. menyusun dan mengolah bahan-bahan untuk verifikasi administrasi dan faktual partaipolitik peserta Pemilu;
  7. menyusun dan mengelola evaluasi terhadap kegiatan verifikasi partai politik pesertapemilu dan pelaporannya;
  8. menyusun dan mengelola verifikasi calon anggota DPRD Kabupaten/Kota;
  9. menyusun laporan kegiatan verifikasi partai politik peserta Pemilu;
  10. mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan untuk verifikasi administrasi dan faktualperseorangan peserta Pemilu;
  11. menyusun dan mengolah bahan-bahan yang sudah dikumpulkan untuk verifikasiadministrasi dan faktual calon perseorangan peserta Pemilu;
  12. mengumpulkan dan mengolah bahan-bahan informasi administrasi pelaporan danakampanye peserta Pemilu;
  13. mengumpulkan dan mengolah identifikasi kinerja staf di Subbagian Hukum;
  14. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis,pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang materinya berhubungandengan bidang tugas Subbagian Hukum;
  15. menyusun dan mencari bahan permasalahan yang terjadi dan menyiapkan bahanbahan yang di perlukan dalam rangka pemecahan masalah;
  16. menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  17. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  18. menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sub bagian HukumKabupaten/Kota;
  19. melaksanakan inventarisasi peraturan perundang-undangan;
  20. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

  1. SUBBAGIAN TEKNIS PEMILU DAN HUBUNGAN PARTISIPASI MASYARAKAT
  2. mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan dan informasi pembagian daerahpemilihan dan alokasi kursi untuk Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Kabupaten/Kota;
  3. menyusun draft pembagian daerah pemilihan dan alokasi kursi untuk Pemilu AnggotaDPRD Kabupaten/Kota;
  4. mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan dan informasi tentang pemunggutan
    suara, perhitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu;
  5. menyusun dan mencari bahan draft pedoman dan petunjuk teknis pemungutan,perhitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu;
  6. mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan informasi untuk penyusunanpedoman dan petunjuk teknis penggantian antar waktu dan pengisian Anggota DPRDKabupaten/Kota;
  7. menyiapkan semua berkas kelengkapan Penggantian Antar Waktu Anggota DPRDKab/Kota dan hubungan calon pengganti untuk melengkapi kekurangan persyaratan;
  8. mengumpulkan dan mengidentifikasi bahan pemberitaan dan penerbitan informasiPemilu
  9. menyusun draft pemberitaan dan penerbitan informasi Pemilu;
  10. mengumpulkan dan mengidentifikasi bahan dan informasi pelaksanaan kampanye;
  11. menyusun draft tata cara pelaksanaan sosialisasi dan kampanye;
  12. mengumpulkan dan mengidentifikasi bahan dan informasi pedoman teknis binapartisipasi masyarakat, dan pelaksanaan pendidikan pemilih;
  13. melakukan identifikasi kinerja staf di Subbagian Teknis Pemilu dan Hubungan
    Partisipasi Masyarakat;
  14. mengiventarisasi permasalahan yang terjadi dan menyiapakan bahan-bahan yangdiperlukan dalam rangka pemecahan masalah;
  15. memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  16. melaksanakan dan menjalankan tugas-tugas lain yang di berikan oleh Sekretaris KPUKabupaten/Kota;
  17. membantu dan mengelola memfasilitasi pemeliharaan data dan dokumentasi hasilPemilu;
  18. menyiapkan pelaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Subbag Teknis dan Hubmas;
  19. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan

 

  1. SUBBAGIAN KEUANGAN
  2. mengelola dan menyusun rencana Subbagian Keuangan;
  3. memberi informasi terbaru menyangkut penggelolahan keuangan yang menjadikewenangan KPU Kabupaten/Kota;
  4. menyusun dan mengelola bahan peneliti laporan keuangan;
  5. menyiapkan dan menyusun bahan-bahan untuk keperluan realisasi anggaran(SAI danLPJ/LPAK);
  6. menyusun dan memperbaharui apabila ada peraturan atau ketentuan keuangan yangterbaru;
  7. mengumpulkan dan menyusun data untuk keperluan perhitungan akuntansi;
  8. menyusun dan membuat daftar gaji/honor pegawai;
  9. menyusun dan membuat daftar pengadaan barang dan jasa;
  10. mengelola dan membuat kartu pengawasan pembayaran yang telah diajukan oleh PPKdan diselesaikan oleh KPPN;
  11. menyusun dan membantu pejabat penandatanganan SPM untuk meneliti dokumenpembayaran yang telah diajukan oleh PPK agar sesuai dengan ketentuan dan peraturanyang berlaku;
  12. menyusun dan membantu mengawasi dan mengecek pembuatan SPM sebelumdiajukan dan di tandatangani oleh pejabat penandatangan SPM;
  13. menyiapkan dan menyusun, mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan ,serta pedoman dan petunjuk teknis tentang pengelolaan keuangan Pemilu;
  14. mengelola dan memonitor serta mengevaluasi pelaksanaan teknis kegiatan pengelolaankeuangan;
  15. menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  16. menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU
    Kabupaten/Kota;
  17. menyusun dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPUKabupaten/Kota;
  18. mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;
  19. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

  1. SUBBAGIAN UMUM
  2. mengelola dan menyusun rencana Subbagian Umum;
  3. menyusun dan melakukan urusan kearsipan, surat-menyurat, dan ekspedisi;
  4. menyusun dan melaksanakan penomoran, pengetikan dan pengadaan naskah dinas;
  5. menyusun dan melakukan urusan perlengkapan di subbagian masing-masing;
  6. menyusun dan mengelola urusan rumah tangga;
  7. mencatat dan menyusun surat masuk/keluar;
  8. menyusun dan mengarsipkan surat masuk/keluar;
  9. menyusun dan Mengarsipkan himpunan-himpunan naskah dinas;
  10. menyusun dan mencatat himpunan-himpunan naskah dinas yang keluar;
  11. menyiapkan dan menyusun arsip dinas dan arsip statis;
  12. mengumpulkan dan penyusunan arsip inaktif;
  13. mengelola dan memelihara barang inventaris milik negara;
  14. menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  15. menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU
    Kabupaten/Kota;
  16. menyusun dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPUKabupaten/Kota;
  17. mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;
  18. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

  1. SUBBAGIAN LOGISTIK
  2. mengelola dan menyusun rencana Subbagian Logistik;
  3. menyusun dan mendokumentasikan laporan pelaksanaan kegiatan subbagianpenyusunan, pengolahan data, dan dokumentasi kebutuhan sarana Pemilu;
  4. mengumpulkan dan mengolah bahan alokasi barang kebutuhan Pemilu serta membuatlaporannya;
  5. mengalokasikan barang keperluan Pemilu;
  6. menyusun dan merencanakan alokasi kebutuhan sarana Pemilu bagi panitia Pemilu
  7. menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kabupaten/Kota;
  8. menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU
    Kabupaten/Kota;
  9. menyusun dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPUKabupaten/Kota;
  10. mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;
  11. menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan