Jember – (KPU) Upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam gelaran pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Jember 2020 menjadi, fokus yang terus digarap dengan serius oleh KPU Jember terutama dikalangan pemuda dan pemilih milenial.

Demi terus meningkatkan partisipasi masyarakat terutama di kalangan pemuda KPU Jember mengadakan Camp Demokrasi berkolaborasi IPNU dan IPPNU Cabang Jember, acara tersebut dilaksankan bertempat di obyek wisata Gunung Pasanag kec Panti, pada 25-26 Juli 2020.

Komisioner KPU Jember Andi Wasis dan Ahmad Hanafi, hadir dalam acara tersebut, dalam sambutannya pada pembukaan Camp Demokrasi Andi Wasis mengatakan bahwa pertisipasi masyarakat khususnya dikalangan pemuda menjadi hal yang sangat penting karena jumlah pemilih pemula yang cukup banyak sehingga perlu dinberikan pemahaman dan edukasi demi terwujudnya kualitas demokrasi yang ebih baik.

“Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemilukada sangat penting khususnya bagi pemilih pemula sehingga para pemilih pemula yang sebagian besar berstatus pelajar dan mahasiswa memiliki peran untuk membantu memberi pemahaman akan pentingnya pemilihan, karena yang akan menjadi garda dalam memberikan informasi adalah pemuda diharapkan pemahaman yang diberikan sifatnya tidak menggurui terhadap orang yang lebih dewasa terlebih pada orang – orang marginal atau orang pinggiran. Terlebih dengan kondisi covid 19 saat ini menjadi tantangan besar untuk menyelenggarakan pemilukada tahun ini” tutur Andi wasis.

Senada dengan Andi Wasis, Ahmad Hanafi juga mengatakan bahwa Pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Jember 2020 ini diharapkan berjalan dengan aman lancar dan kondusif.

“Kegiatan pemilkada kali ini KPU Jember menerima anggaran terbesar ke 3 Se-Jawa Timur yakni sejumlah 82 milyar yang 40%  akan di gunakan sebagai honor badan Ad Hock seperti PPK, PPS, KPPS dan lain sebagainya dan selebihnya untuk operasional kegiatan pemilukada 2020, dengan anggaran yang cukup besar tersebut KPU berharap kulaitas pemilihan ini akan mengahasilkan kualitas demokrasi yang baik bagi masyarakat jember” sambung Ahmad Hanafi.

Selain itu demi terus menggenjot pertisipasi masyarakat dalam pilbup Jember 2020 KPU jember akan membuka kesempatan bagi para pemuda yang ingin menjadi mitra KPU dalam mensosialisasikan dan memberi informasi seputar Pilpub jember, dengan mendaftarkan diri sebagai relawan demokrasi yang akan segera dibentuk oleh KPU Jember dalam waktu dekat. [Tekmas/Rio]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here