Uncategorized

FAKTA INTEGRITAS PPK

FAKTA INTEGRITAS PPK

PAKTA INTEGRITAS
PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN
KABUPATEN JEMBER

Pemilu adalah titik awal strategis bagi perbaikan kualitas demokrasi. Proses Pemilu rentan dengan penyimpangan, godaaan dan memiliki potensi dibajak oleh individu-individu yang tidak bertanggungjawab. Pada saat bersamaan ada harapan yang besar dari rakyat agar Pemilu terselenggara dengan penuh integritas.

Demi masa depan demokrasi, negara dan bangsa yang lebih baik, pada hari ini Rabu, tanggal Dua bulan Januari tahun Dua Ribu Sembilan Belas, bertempat di Kantor KPU Kabupaten Jember , yang beralamat di Kalimantan No. 31, saya selaku Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bertekad untuk bekerja keras menyelenggarakan Pemilu 2019, dengan ini menyatakan janji kepada rakyat Indonesia selama dalam jabatan kami sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil secara profesional, efektif dan efisien.

  1. Memenuhi hak konstitusional warga negara untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara baik dan menjaga suara pemilih sebagaimana diatur dalam undang-undang.

  1. Memperlakukan secara adil, imparsial dan non-partisan kepada peserta pemilu dan para pihak yang memiliki prefensi politik tertentu tanpa terkecuali.

  1. Membuka partisipasi dan akses publik atas perumusan kebijakan, proses penyelenggaraan pemilu dan berbagai data serta informasi yang terkait dengan pemilu sesuai Peraturan Perundang-undangan.

  1. Menolak pemberian, permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik secara langsung atau tidak langsung yang memberi harapan yang menyimpang dari prinsip-prinsip Pemilu yang jujur dan adil bagi peserta pemilu, calon serta pihak-pihak yang memiliki prefensi politik tertentu.

  1. Mencegah dan tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

  1. Mencegah terjadinya pelanggaran pemilu oleh peserta, simpatisan, masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Melakukan pencegahan dan penegakan kode etik terhadap pelanggaran setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu.

  1. Bekerjasama dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun dari luar negeri untuk mensukseskan dan meningkatkan kualitas Pemilu, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kemandirian, imparsialitas non partisan dan adil.

  1. Mengambil kebijakan-kebijakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) secara kolektif dalam rapat pleno.

  1. Bekerja sampai pada berakhirnya mandat jabatan dengan sepenuh waktu, jujur dan adil.

Apabila kami melanggar apa yang tercantum dalam Pakta Integritas ini, kami bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi dan dituntut sesuai Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Panitia Pemilihan Kecamatan

Kabupaten Jember

 

1.      ……………………………………..

 

1.    ……………………….

 

 

2.      ……………………………………..

 

2.    ……………………………

 

 

3.     ……………………………………..

 

3.    ………………………..
4.     ……………………………………..  

4.    ……………………………

 

5.     ……………………………………..  

5.    …………………………

 

SAKSI

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN JEMBER

KETUA

 

 

 

 

( ACHMAD ANIS )

About Author

Comment here